Surabaya – Pekan ke-16 Liga 1 2019 akan mempertemukan Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta. Laga yang sedianya digelar pada Sabtu (24/08/2019) besok pukul 15.30 WIB akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Berdasarkan daftar klasemen sementara, Persebaya Surabaya bertengger di peringkat 6 dengan perolehan poin sebanyak 21. Di lain pihak, Persija Jakarta berada di posisi 15 dengan meraup 12 poin.

Meskipun berstatus sebagai tuan rumah, Persebaya rupanya harus mengikhlaskan lima pemainnya untuk laga esok. Pasalnya, Hansamu Yama, Otavio Dutra, dan Irfan Jaya harus memenuhi panggilan pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia untuk kualifikasi Piala Dunia 2022.

Meski sebenarnya Ruben Sanadi juga diminta untuk mengikuti program TC, namun Persebaya meminta agar satu pemainnya izin demi membela Bajul Ijo. Sementara Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay terkena akumulasi kartu kuning.

“Yang dipanggil timnas, cuma satu yang siap, Ruben, kami (izin) tidak bisa lebih dari satu pemain. Rian dan Osvaldo akumulasi,” ungkap pelatih Bejo Sugiantoro di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (22/08/2019).

Komposisi pemain nampaknya juga menjadi masalah bagi Persija Jakarta. Pasalnya, mereka baru saja memutus kontrak Bruno Matos dan Steven Paulle di paruh musim Liga 1 2019.

CEO Persija, Ferry Paulus, mengungkapkan bahwa ada dua alasan berbeda dibalik berakhirnya kontrak keduanya. Paulle hingga kini masih dirundung cedera. Padahal, kata Ferry, Persija sedang membutuhkan pemain yang bisa diturunkan sesegera mungkin. Sementara Matos dinilai masih belum memenuhi kriteria pemain yang diminta arsitek Persija Julio Banuelos. (Elhas-harianindo.com)