Jakarta – Luhut Binsar Pandjaitan, selaku Menko Kemaritiman mengatakan akan menggandeng China terkait solusi menyelematkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu angkat bicara dengan melayangkan kritikan. Dia mempertanyakan sikap pemerintah yang selalu menjadikan China sebagai solusi semua masalah. Karena mulai dari kereta api cepat, listrik, garuda, BPJS, hingga tenaga kerja, semua meminta bantuan dari China untuk mengatasinya.

“Bagi Pak Menko Maritim, sepertinya setiap masalah yang dihadapi bangsa solusinya hanya satu, yaitu minta “bantuan” dari China. Sudah nyerah sehingga semua minta ke China?” tanyanya dengan nada satir dalam akun Twitter pribadi, Sabtu (24/08/2019).

Menurut Muhammad, Luhut telah ketagihan dengan China. Sehingga negeri komunis di bawah pimpinan Xin Jinping itu menjadi satu-satunya obat dalam mengatasi semua sakit di negeri ini.

“Apapun masalah yang dihadapi solusinya adalah serahkan ke China. Itulah resep tunggal Pak Menko,” sambungnya.

Sebelumnya, Menko Luhut pernah menjelaskan bahwa sistem IT menjadi penyebab kerugian BPJS Kesehatan hingga puluhan triliun rupiah. Dia mengungkapkan, ada perusahaan asuransi China, yakni Ping An Insurance yang menawarkan bantuan untuk mengevaluasi sistem IT BPJS kesehatan tersebut.

“Jadi, mungkin itu bisa memperbaiki kelemahan sistem (TI) tersebut,” ujarnya. (NRY-www.harianindo.com)