Jakarta – Anies Baswedan, selaku. Gubernur DKI Jakarta meresmikan dan melakukan serah terima kunci rumah DP 0 Rupiah di Kelapa Village, Jakarta Timur, Sabtu (31/08/2019).

“Hampir 50 persen penduduk kota ini tinggal dengan mengontrak, bukan memiliki rumah sendiri. Sementara, nilai properti di Jakarta mengalami peningkatan yang amat tinggi,” tutur Anies di lokasi.

“Mereka yang tidak punya properti makin tahun makin tertinggal kesejahteraannya. Karena itu, solusi yang harus diberikan adalah mencari terobosan agar warga yang biasanya hanya menyewa, tapi bisa menjadi pemilik,” lanjut dia.

Menurut Anies warga yang berusia relatif muda dan baru memulai keluarga belum tentu punya modal untuk disimpan sebagai DP.

“Lalu pemerintah turun tangan, programnya adalah menawarkan skema pembiayaan, di mana warga bisa membeli unit rumah tanpa menggunakan uang muka. Karena itu diistilahkan DP Nol Rupiah,” imbuhnya.

Tujuan adanya program DP Nol Rupiah ini adalah memastikan agar kesenjangan sosial tak makin melebar di Jakarta.

“Jadi program ini bukan sekadar menyediakan rumah hari ini. Bukan hanya sekadar memberikan akses pembiayaan hari ini. Program ini adalah dalam jangka panjang, membereskan ketimpangan yang ada di DKI Jakarta ini. Karena itu, saya selalu menggarisbawahi bahwa penekanan kita adalah pada aspek keadilan sosial,” Anies menandaskan. (NRY-harianind0.com)