Jakarta – Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri acara seminar 2019 CSIS Global Dialogue. Dalam seminar bertajuk Harnessing Frontier Technologies tersebut, Presiden Jokowi akan menjadi pembicara. Tak hanya itu, dalam acara yang akan dihelat pada 16-17 September 2019 tersebut Presiden Jokowi juga akan berbincang-bincang dengan Sophia.

sophia1

Sophia merupakan robot humanoid yang diciptakan oleh Hanson Robotics, perusahaan robotik asal Hong Kong. Sophia dilengkapi dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang membuatnya mampu berinteraksi dengan manusia.

sophia2

Robot ini bisa menirukan lebih dari 50 ekspresi wajah manusia. Tak hanya itu, Sophia juga bisa dijadikan sebagai kawan bicara walaupun harus ditentukan terlebih dahulu topik pembicaraannya.

sophia3

Kemampuan Sophia dalam menjawab pertanyaan dari manusia disokong oleh teknologi pengenal suara (voice recognition) dari Google. Sejumlah tokoh dunia seperti Perdana Menteri Malaysia Dr. Mahathir Mohamad dan Presenter asal Amerika Serikat Jimmy Fallon juga pernah berbincang dengan Sophia.

sophia4

Sophia ‘lahir’ pada tanggal 14 Februari 2016. Ia pertama kali dikenalkan di hadapan khalayak pada pertengahan Maret 2016 di acara South by Southwest Festival di Texas, Amerika Serikat. Raut wajah Sophia dirancang menyerupai Audrey Hepburn, seorang aktris ikonik Hollywood yang juga dikenal akan aktivitas humaniternya.

sophia5

(Elhas-harianindo.com)