Jakarta – Pembuat ponsel Nokia kembali meluncurkan seri ponsel lawasan mereka di tengah kompetisi yang sengit dengan smartphone Android. Perangkat yang dimaksud yakni Nokia 2720 flip terbaru yang dihadirkan HMD Global, pemegang merek Nokia saat ini.

Nokia 2720 sendiri merupakan ponsel flip Nokia yang sudah lebih dahulu dikenal dari pada Android populer. Nokia 2720 flip diluncurkan pada 2009 silam dan menjadi salah satu ponsel ikonik Nokia waktu itu.

Sebagaimana dikutip dari TheVerge, Senin (09/09), peluncuran Nokia 2720 berlangsung di panggung pameran teknologi konsumen IFA 2019 di Berlin, Jerman. Ponsel lipat ini merupakan model terbaru yang dibangkitkan HMD setelah mereka juga pernah menghidupkan kembali Nokia 3310 dan 8110.

Seperti 3310 dan 8110 yang diperbarui, 2720 baru juga merupakan bagian dari ‘Nokia Originals’ yang menawarkan fitur modern pada desain Nokia klasik. Dalam hal ini ponsel flip memiliki design yang lebih ramping, layar internal 2,8 inci yang lebih besar, dan beberapa fitur baru.

Dari segi perangkat lunak, Nokia 2720 menjalankan KaiOS, sistem operasi penuh fitur yang menambahkan fasilitas modern seperti Google, Google Maps, WhatsApp, YouTube, Facebook, dan integrasi Asisten Google. Beberapa fitur kekinian khas ponsel saat ini juga hadir pada perangkat ‘reborn’ tersebut.

Pada bagian belakang atau punggung perangkat, ada layar 1,3 inci. Siapa pun yang pernah menggunakan posel jenis in pasti tahu kegunaan dari layar yang pada dibelakang. Ya, layar akan dapat menampilkan panggilan masuk dan siapa pun yang melakukan panggilan.

Hanya dengan membuka perangkat, pengguna sudah dapat menjawab panggilan. Sementara untuk mengakhiri panggilan, pengguna cukup menutup perangkatnya saja. Benar-benar serasa bernostalgia dengan masa lalu. HMD juga menjanjikan baterai dengan 27 hari waktu siaga yang mengesankan, serta membuat ‘malu’ bahkan smartphone terbaik saat ini.

Selain perangkat lunak yang lebih modern, HMD juga telah melengkapi dengan beberapa fitur modern pada 2720 baru. Beberapa di antaranya adalah perangkat dual-SIM dengan dukungan untuk LTE, bahkan dapat berfungsi sebagai hot spot Wifi.

Nokia 2720 akan tersedia dalam warna hitam atau abu-abu pada September nanti seharga EUR 89 atau sekitar Rp 1,3 jutaan. Sayangnya, HMD belum mengeluarkan pengumuman negara-negara mana saja yang akan dituju oleh ponsel lawasan reborn dari Nokia ini. (Hr-harianindo.com)