Jakarta – Eko Listiyanto, selaku , ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengatakan bahwa sarana yang paling penting dibangun di tanah Papua adalah sarana pendidikan dan kesehatan.

Sebelumnya, Presiden RI, Joko Widodo mengatakan bahwa akan membangun istana di Papua. Terkait hal tersebut Eko tidak sependapat.

“Kalau menurut saya yang paling penting di Papua ya sarana dasar, kesehatan dan pendidikan,” kata Eko.

Eko mengatakan bahwa sarana pendidikan dan kesehatan dapat menunjang pemberdayaan masyarakat Papua.

“SDM itu kan luas, satu lagi juga upaya peningkatan kesejahteraan. Jadi bagaimana membangun aspek-aspek pemberdayaan di sana terutama ekonomi. Ini kan problemnya kan Papua sekarang menjadi provinsi yang kemiskinannya tinggi. Sehingga dia butuh solusi secara ekonomi. Terkait dengan pemberdayaan, misalnya bagaimana membuat value sebuah produk, bagaimana berekonomi,” terang Eko.

Menurut Eko, dengan keterbatasan masyarakat Papua maka pemerintah harus memprioritaskan aspek kemanusiaan ketimbang ifnrastruktur.

“Kalau kemudian pilihannya keterbatasan maka skala prioritas lebih kepada aspek kemanusiaannya dulu, bukan pada infrastrukturnya. Karena kalau dia katakanlah tetap disupport dari segi kebutuhan peningkatan skill, pendidikan, dan kesehatan mereka maka secara intensif mereka akan berusaha bagaimana membenahi daerahnya, infrastruktur dan lain-lain,” papar dia. (NRY-www.harianindo.com)