Jakarta – Almarhum Presiden ke-3 RI BJ Habibie dikaruniai dua orang putra, yang pertama bernama Ilham Akbar dan yang terkahir bernama Thareq Kemal. Putra pertama BJ Habibie terlihat mewarisi jiwa pebisinis sang ayah.

Misalnya saja putra pertamanya yang akrab juga disapa Ilham Habibie. Dia membangun perusahaan sendiri yaitu PT Regio Aviasi Industri (RAI). Ilham menduduki jabatan sebagai komisaris di RAI. Perusahaan tersebut yang meneruskan cita-cita mendiang ayahnya dengan melakukan pengembangan terhadap pesawat R80.

Menjelang akhir tahun lalu, Ilham mengungkapkan bahwa pesawat ini dalam proses desain. Dia mengatakan, pembuatan purwarupa pesawat atau prototype akan dimulai tahun ini.

“Kalau progresnya masih mendesain, Insyaallah mulai tahun depan (2019) mulai membuat purwarupa atau prototype-nya. Ya begitu kurang lebih,” ungkapnya di JIExpo Kemayoran Jakarta, 23 September 2018.

Dia menambahkan bahwa pembuatan purwarupa ini membutuhkan waktu sampai 4 tahun. Menurutnya, pembuatan purwarupa memang lama dan lumrah dalam industri penerbangan.

Selanjutnya pesawat ini akan terbang pertama kali terbang di tahun 2023 dan mulai dipasarkan ke konsumen tahun 2025.

Di bidang properti, Ilham juga tak ketinggalan. Dia menjabat sebagai Honorary Chairman Pollux Habibie International. Perusahaan ini memiliki ambisi dengan membangun megasuperblok Meisterstadt Batam. Dengan nilai yang fantastis, US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 14 triliun (kurs Rp 14.000).

Nilai investasi ini menjadikan Meisterstadt Batam sebagai proyek dengan investasi terbesar di Batam.

Kata dia proyek tersebut akan menitikberatkan pada kemajuan kota berstandar Jerman. Hal tersebut, kata dia, dapat dilihat pada komposisi bangunannya yang saling terintegrasi dengan beberapa proyek properti khususnya perkantoran dan rumah sakit.

“Proyek ini merupakan hasil dari visi Habibie untuk menciptakan integrated vertical city yang terinspirasi dari standar kemajuan negara Jerman,” terang Ilham.

Ilham juga diketahui pernah menduduki jabatan sebagai Direktur Marketing PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dan Presiden Direktur PT Ilthabi Rekatama.

Sementara itu masih belum diketahui terkait dengan bisnis putra bontot BJ Habibie, Thareq Kemal. (Hr-harianindo.com)