Jakarta – Tim nasional Indonesia diprediksi akan mengalami turun peringkat FIFA. Hal tersebut merupakan efek dari kekalahan beruntun dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Diketahui bahwa pada laga 5 September lalu, Indonesia dipermalukan di kandang sendiri tatkala melawan Malaysia. Dalam laga yang berujung ricuh tersebut, Indonesia kalah dengan skor 2-3.

Sementara itu, pertandingan berikutnya Indonesia menghadapi Thailand pada 10 September 2019. Lagi-lagi, Laskar Garuda tak mampu memberikan kemenangan di markas sendiri. Thailand berhasil menekuk Indonesia dengan tiga gol tanpa balas.

Berdasarkan berita dari Fox Sports Asia, dari 40 peserta Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, hanya Myanmar dan Indonesia yang rangkingnya bakal turun. Pengumuman rangking FIFA akan dirilis pada 19 September 2019 nanti.

Kalah dalam laga melawan Mongolia (0-1) dan Jepang (0-2), Myanmar diprediksi turun peringkat dari semula 135 menjadi urutan ke-146. Sementara Indonesia yang terpuruk di Grup G terancam turun 9 peringkat. Dari yang semula 159 menjadi peringkat ke-168.

Nasib Indonesia jelas tidak semujur negara-negara ASEAN lainnya. Malaysia diprediksi naik satu peringkat, menempati posisi 158. Singapura akan menempati urutan 156. Thailand naik ke peringkat ke-113. (Elhas-harianindo.com)