Jakarta – Berpengalaman sebagai seorang insinyur kedirgantaraan, Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie rupanya mendapat julukan Mr. Crack berkat teori yang ia buat. Istimewanya, BJ Habibie adalah orang pertama yang mampu menjelaskan tentang keretakan sayap pesawat.

Teori tersebut ia lahirkan tatkala masih bekerja di perusahaan dirgantara Hamburger Flugzeugbau (HFB). Pada saat itu, ia berhasil menemukan penyebab dibalik jatuhnya pesawat Fokker 28 dan Starfighter F-104 G. Adapun tantangan tersebut diberikan oleh Departemen Pertahanan Jerman.

Tak berhenti di situ, dedikasi BJ Habibie terhadap dunia kedirgantaraan membuat dirinya berhasil menciptakan sejumlah penemuan. Tercatat bahwa Habibie merupakan pemegang 46 hak paten di teknologi kedirgantaraan.

Dari hak paten tersebut, jelas Habibie mendapatkan royalti dengan jumlah yang tak sedikit. Berdasarkan lansiran dari majalah Far Eastern Economic Review, disebutkan bahwa kekayaan presiden pengganti Soeharto tersebut sebesar USD 60 juta atau sekitar Rp 844,11 miliar.

Selain itu, Habibie juga dikenal sebagai kolektor mobil lawas. Salah satu mobil miliknya yang unik adalah Mercedes-Benz 300SL Gullwing. Mobil ini memiliki pintu vertikal yang tak lazim dimiliki oleh mobil-mobil pada umumnya. (Elhas-harianindo.com)