Jakarta – Menjelang berakhirnya masa jabatan yang ia emban, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melontarkan ucapan terima kasih yang disertai dengan salam perpisahan. Hal tersebut ia utarakan di hadapan sejumlah lembaga yang hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal atau Satgas 115.

Dalam penuturannya, Susi mengaku bahwa ia takkan mampu menjalani selama lima tahun masa jabatannya jika tidak ada bantuan dan dukungan dari pihak-pihak yang berjasa. Untuk itu, Komandan Satgas 115 tersebut mengucap terima kasih.

“Oktober ini, dalam waktu enam minggu jabatan akan berakhir, perkenankan saya mengucapkan terima kasih atas seluruh dukungan, baik dari kawan-kawan luar negeri, New Zealand, Colombia, Amerika, Eropa. Juga kawan-kawan instansi TNI AL, Polair, Bakamla, kejaksaan, dan kawan-kawan KKP,” kata Susi.

Susi pun mengenang sejumlah hal yang luar biasa selama ia mengemban tugas sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Meski tak mudah, namun ia bersyukur karena mendapat bantuan dari sejumlah pihak.

“Perjalanan tidak mudah tapi sangat luar biasa. So many things. So many good things. So many bad things, tapi itu saya tidak mau juga mengenang,” ungkapnya.

“Saya bisa buktikan dan merasakan bahwa Indonesia bisa bersatu padu, menjaga membangun, membalikkan sesuatu yang tidak mungkin menjadi hal yang mungkin,” sambung Susi.

Ke depannya, Susi berharap bahwa sepeninggalnya nanti, semua pihak akan tetap berkomitmen dalam menjaga kedaulatan laut Indonesia. Tak luput ia juga mengucap maaf lantaran sebagai menteri ia keras kepala.

“Mohon terus dijaga. Sekali lagi saya terima kasih, apabila ada kesalahan secara tidak sengaja maupun sengaja. Kadang-kadang saya juga cukup keras kepala, saya mohon maaf,” ucap Susi. (Elhas-harianindo.com)