Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut andil dalam menangani masalah kebakaran hutan dengan mengirim Satuan Tugas Terpadu penanggulangan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan ke Sumatera dan Kalimantan.

“Nanti tim ini akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional,” ucap Anies di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat. Selasa 17 September 2019.

Anies mengharapkan bahwa Satgas Terpadu tersebut dapat membantu masyarakat yang terkena dampak dari kebakaran hutan tersebut. Tim akan diterbangkan ke Riau, Palembang, dan Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Dalam kesempatan tersebut Anies berpesan agar Satgas Terpadu juga tetap menjaga kesehatan dari ancaman kepulan kabut asap.

Anies mengungkapkan bahwa aspirasi kepada Satgas Terpadu lantaran menjadi perwakilan dari pemerintah warga DKI Jakarta atas kejadian kabut asap akibat kebakaran hutan.

“Berangkatlah dengan kehormatan anda mewakili pemerintah dan warga Jakarta,” ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta, Subejo menyatakan bahwa Satgas Terpadu terdidi dari 65 tim gabungan, yang terdiri dari 25 anggota pemadam kebakaran, 5 dari BPBD, 10 dari anggota Dinas Sosial, 10 Relawan Jakarta dan tim pendukung 10 orang.

Subejo menjelaskan bahwa Satgas Terpadu penanggulangan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang baru dilepas Anies Baswedan itu akan ditugaskan selama lebih dari sepekan. “Bertugas selama 10 hari,” ujarnya. (Hr-www.harianindo.com)