Jakarta – Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ terpilih sebagai perwakilan Indonesia di ajang Oscar. Film tersebut masuk dalam kategori International Feature Film atau dulu dikenal sebagai Best Foreign Language Film.

Oscar 2020 akan diselenggarakan di Dolby Theatre Hollywood Los Angeles, 9 Februari 2020. Oleh karena itu, ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ akan bersaing dengan ‘Parasite’ dari Korea Selatan dan ‘Weathering with You’ dari Jepang untuk menjadi nominasi kategori tersebut.

“Setelah dilakukan penilaian dengan seksama, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, Indonesian Academy Awards 2019 menetapkan film berjudul Kucumbu Tubuh Indahku sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia ke Academy Awards ke-92 untuk kategori International Feature Film,” kata Sheila Timothy.

Film tersebut mengisahkan tentang penari Lengger bernama Juno. Juno merupakan anggota dari sanggar tari Lengger. Ternyata tarian tersebut membuatnya menapaki perjalanan hidup yang berliku. Sampai pada akhirnya, Juno bisa memahami dan menerima keindahan hidup sebagai seorang penari Lengger.

Tari Lengger adalah budaya asli Indonesia. Tari tersebut berasal dari Banyumas. Tarian tersebut mengharuskan penarinya menampilkan sisi maskulin dan feminin dalam satu tubuh.

Tarian tersebut biasa dipentaskan oleh lelaki, dimana keseharian laki-laki tersebut adalah mengubah diri jadi perempuan.

Film tersebut termasuk satu dari 42 film yang diseleksi oleh komite bentukan Persatuan Produser Film Indonesia yang dikepalai Firman Bintang. (NRY-harianindo.com)