Pekanbaru – Anies Baswedan, selaku Gubernur DKI Jakarta berniat baik untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhurla) di Riau. Anies membantu dengan mengirimkan 65 personel ke Bumi Lancang Kuning. Akan tetapi niat baik Anies Baswedan ditolak oleh Pemerintah Provinsi Riau.

Riau Edwar Sanger, selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan bahwa petugas di Riau sudah banyak yang disebar di lapangan dan terus berupaya memadamkan api karhutla pada titik-titik yang terpantau.

“Kita sudah tolak dari kemarin itu sebenarnya,” ujar Edwar Sanger ketika dikonfirmasi perihal niat baik Pemprov DKI yang mengirimkan personelnya.

Atas penolakan tersebut pihak BPBD Riau enggan berkomentar lebih jauh.

“Karena begini, kita masih mampu dan banyak personel di lapangan yang terus bekerja keras,” sambung mantan Pj Wali Kota Pekanbaru tersebut.

Berdasarkan informasi, 65 petugas yang dikirim berasal dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta sebanyak 25 orang, Selain itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta sebanyak 10 orang yang akan mendirikan dua posko dan BPBD sebanyak 5 orang. (NRY-harianindo.com)