Jakarta – Budiman Sudjatmiko, selaku Anggota DPR RI Fraksi PDIP menolak adanya konsep NKRI harga mati. Hal tersebut lantaran Budiman menilai bahwa NKRI harga mati tidak tepat untuk dijadikan dasar mempertahankan Papua.

Budiman menyatakan bahwa tidak bisa membayangkan jika Papua harus berpisah dengan Indonesia. Budiman beranggapan bahwa Indonesia harus menemukan akar permasalahan yang menyebabkan ketegangan dengan Papua.

“Itu posisi saya kenapa menolak, bahwa modal awal ini harus dirundingkan lagi. Beda dengan NKRI harga mati seolah dianggap benda mati. Bagi saya NKRI adalah awal yang perlu bukan tugas-tugas manusia lain. Saya menolak NKRI harga mati,” kata dia.

Selain itu, menurut Budiman, dengan meletakkan konsep NKRI di awal dan bukannya menjadi final, maka bangsa Indonesia bisa membenahi ke arah yang lebih baik.

“Gagasan dipaksakan yang terjadi adalah perkelahian,” ujarnya.

Selain itu, dengan menjadikan NKRI harga mutlak diawal, lanjut Budiman, maka tidak akan ada yang bisa memecah belah NKRI.

“Ke dalam kita benahi mau kita apakan modal awalnya. Kalau dipecah, dia menghujam balik kita back fire,” kata dia. (NRY-harianindo.com)