Jakarta – Esemka baru-baru ini kembali menjadi sorotan publik. Pasalnya, unggahan terbaru pabrik otomotif tersebut memberi sinyal bahwa mereka akan merilis mobil Garuda 1. Nantinya, mobil jenis sport utility vehice (SUV) itu akan masuk ke pasar Indonesia dan bersaing dengan mobil sejenis lainnya.

Dari unggahan tersebut, memang belum dibeber secara jelas mengenai rincian mobil Garuda 1 tersebut. Namun diketahui bahwa mobil SUV produksi Esemka itu hingga kini masih berwujud purwarupa (prototype). Besar kemungkinan Garuda 1 akan mengalami sejumlah perombakan sebelum dipasarkan.

Jika menilik dari versi purwarupa Garuda 1, diketahui bahwa SUV tersebut memiliki dasar Volvo XC90. Dari segi eskterior, Garuda 1 memiliki grille berwarna hitam dengan lampu proyektor.

Baca Juga: Esemka Berikan Sinyal Kehadiran SUV Garuda 1

Dari segi mesin, besar kemungkinan Garuda 1 akan dibekali dengan mesin diesel 2.000cc dan 4 silinder. Mobil ini juga akan memiliki sistem transmisi 8 percepatan otomatis. Untuk interiornya, hingga kini masih belum diketahui detil mengenai bagian dalam Garuda 1.

Berdasarkan keterangan dari Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wijaya pada September lalu, diketahui bahwa Esemka pada saat itu masih belum berfokus pada pemasaran SUV.

“Garuda ini secara produk sama dengan SUV yang sudah ada di pasaran saat ini, kami belum akan memproduksi massal karena banyak yang harus dilakukan lebih dulu,” kata Eddy. (Elhas-harianindo.com)