Jakarta – Unggahan akun Instagram @esemka_official baru-baru ini memang membuat geger dunia otomotif Indonesia. Pasalnya, Esemka seolah memberi kabar bahwa mereka akan merilis mobil baru berjenis sport utility vehicle (SUV). Diketahui bahwa mobil tersebut diberi nama Garuda 1.

Jika menilik dari versi purwarupanya, diketahui bahwa Garuda 1 akan dilengkapi oleh mesin berkapasitas 2.000cc. Selain itu, Garuda 1 nantinya akan memiliki sistem transmisi manual 8 percepatan. Untuk bahan bakar, Garuda 1 membutuhkan solar untuk menggerakkan mesin dieselnya.

Baca Juga: Dikabarkan Siap Dirilis, Berikut Bocoran Spesifikasi Esemka Garuda 1

Sebelum membuat gebrakan melalui media sosial, rupanya Esemka Garuda 1 sebelumnya telah masuk ke dalam daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2019.

Dalam dokumen tersebut, diketahui bahwa Garuda 1 memiliki NJKB sebesar Rp 209.000.000 dan Dasar Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) sebanyak Rp 219.450.000. Nomor koding dari Garuda 1 adalah 103651 01001.

Jika melihat dari rincian angka tersebut, maka bisa dikatakan bahwa nantinya Esemka Garuda 1 akan dibanderol dengan harga sekitar Rp 220 jutaan. Besaran tersebut merupakan harga on the road (OTR). (Elhas-harianindo.com)