Dispur – Lazimnya, orangtua akan membawa anaknya ke dokter apabila sakit, terlebih jika anak mereka masih bayi. Akan tetapi, orangtua di negara bagian Assam, India, justru memanggil seorang dukun untuk menyembuhkan bayi laki-laki mereka.

Yang membuat geger adalah metode yang dilakukan oleh dukun perempuan berusia 50 tahun itu. Bukannya diberi obat, sang bayi malah dipaksa untuk berjalan oleh dukun tersebut. Padahal, bayi tersebut masih berusia dua hari.

Berdasarkan laporan yang dilansir NDTV pada 22 Mei 2015 silam, dukun tersebut memegangi leher bayi itu sembari memaksa bayi untuk berjalan. Tak pelak, sang bayi pun menangis keras.

Tak hanya ditonton oleh banyak orang, ada pula yang sampai merekam video bayi tersebut. Beruntung, rekaman tersebut sampai di tangan polisi. Mereka kemudian bertindak dan berhasil menangkap dukun tersebut. Sementara sang bayi dibawa ke rumah sakit.

Mengenai hal tersebut, pemerintah setempat memang mengakui bahwa masih banyak masyarakat di Assam yang masih gampang terpengaruh dengan para dukun. Sebab, kesadaran masyarakat tentang kesehatan ibu dan anak masihlah rendah.

“Bayi itu menderita demam, tapi kondisinya sekarang sudah sehat. Kami harus merombak sistem perawatan pasca kelahiran kami, telah diarahkan untuk meluncurkan promosi yang gencar,” kata Rakesh Kumar, seorang pejabat di Morigaon, Assam. (Elhas-harianindo.com)