Jakarta – Saat ini, PT Solo Manufaktur Kreasi telah resmi mendistribusikan produk Esemka. Salah satu produsen dari produk tersebut adalah Tentara Nasional Indonesia Angkata Udara ( TNI AU).

Unit mobil Esemka kini telah tiba di Terminal Lanud Halim Perdana Kusuma yang seterunya akan didistribuksikan kepada Satuan-satuan Lanud Atang Sendjaja. Produk Esemka yang dibeli adalah Esemka Bima 1.3. Jumlahnya sebanyak 35 unit.

Mobil Esemka Bima memiliki warna kuning, berbeda dengan versi pabrikan yang hanya berwarna putih. Bagian atap juga telah dilengkapi rotator, serta tertempel lambang khusus pada bagian pintu. Melansir dari lama resmi TNI-AU, ke-35 unit Esemka Bima tersebut akan menjadi kendaraan operasional bagi Skadron Udara 6, Skadron Udarra 8, dan Skatek 024.

Marsekal TNI Yuyu Sutisna, selaku Kepala Staf Angkatan Udara mengatakan bahwa penyerahan mobil Esemka bukan hanya untuk mendukung kegiatan operasional satuan-satuan TNI Angkatan Udara, tapi juga sumbangsih TNI AU dalam mendorong tumbuh kembangnya industri mobil dalam negeri.

“Nantinya 35 unit mobil Esemka tipe Bima ini akan digunakan untuk mendukung kegiatan operasional di satuan operasi seperti di Pangkalan TNI Angkatan Udara, khususnya Skadron Udara dan Skadron Teknik, kendaraan akan dicat warna kuning dan strip hitam, sebagai ciri kendaraan yang dapat dioperasikan,” ujar Yuyun dalam keterangan resmi TNI-AU. (NRY-harianindo.com)