Jakarta- Presiden Jokowi akan segera dilantik untuk melanjutkan tampuk kepemimpinan untuk periode keduanya pada 20 Oktober 2019, bersama Wakil Presiden Maruf Amin.

Diberitakan The Sydney Morning Herald, Senin (07/10/2019), Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison, juga akan turut hadir dalam upacara pelantikan tersebut.

Selama dua hari Perdana menteri Australia tersebut akan menghabiskan waktunya di Indonesia. Dalam setahun, kunjungan tersebut menjadi kunjungan untuk kali keduanya.

Kunjungan Scott Morrison ini merupakan tradisi lanjutan yang dilakukan perdana Menteri Australia untuk menghadiri setiap pelantikan Presiden Republik Indonesia.

Tradisi berawal pada tahun 2004 ketika John Howard yang turut hadir dalam pelantikan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kemudian, pelantikan kedua SBY pada tahun 2009 juga turut dihadiri oleh Kevin Rudd, lalu berlanjut pada Tony Abbott, yang menghadiri pelantikan pertama Jokowi pada 2014.

Sebenarnya Indonesia tidak memberikan undangan kenegaraan untuk menghadiri upacara pelantikkan tersebut, tetapi tetap membuk pintu secara lebar untuk para pemimpin dunia, menteri luar negeri, dan diplomat senior yang memiliki keingin untuk menghadiri pelantikan tersebut.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, dan para pemimpin ASEAN lainnya, juga dikabarkan akan turut hadir dalam pelantikan itu, begitu pula Wakil Presiden China Wang Qishan, dan perwakilan senior dari negara-negara seperti Korea Selatan dan Jepang. (Hr-harianindo.com)