Jakarta – Iva Aryani, selaku Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM mengkonfirmasi adanya berita yang telah beredar luas. Berita tersebut terkait pembatalan kuliah tamu di kampus UGM. Padahal awalnya kuliah tamu tersebut akan di isi oleh Ustaz Abdul Somad (UAS).

Iva menilai bahwa keputusan tersebut diambil untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik dan nonakademik dengan jati diri UGM.

“Hal tersebut (pembatalan kuliah umum Abdul Somad) dilakukan untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik dan kegiatan nonakademik dengan jati diri UGM,” ujar Iva, Rabu (09/10/2019).

Penolakan tersebut memunculkan beragam reaksi dari masyarakat. Lebih banyak tanggapan bernada negatif yang diberikan terutama oleh warganet.

Di sisi lain, warga net menyuarakan aksi protes melalui tagar #UniversitasGajahMati. Tak tanggung-tanggung, tagar ini sudah berada di posisi lima teratas Trending Topic Indonesia.

Drs Mashuri Maschab, selaku Ketua Takmir Masjid UGM mengungkap secara blak-blakan alasan di balik penolakan UAS tersebut. Menurutnya penolakan itu hanya alasan menutupi ketidaksukaan UGM terhadap sang ustaz.

“Kita harus berterus terang, UGM tidak menyukai UAS,” ujar Mashuri di kediamannya, Sleman, Rabu (09/10/2019). (NRY-www.harianindo.com)