Jakarta – Hujan mulai mengguyur sebagian wilayah DKI Jakarta. Terdapat 86 RW di DKI Jakarta rawan banjir. Hal tersebut disampaikan oleh M Ridwan, selaku Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan (Pusdatin) BPBD DKI.

Seperti diketahui bahwa 86 RW itu terbagi di dalam 17 kecamatan dan 25 kelurahan. Kawasan tersebut berpotensi banjir apabila hujan turun dengan intensitas yang tinggi.

“Di mana di daerah tersebut tiga kali berturut-turut kalau hujan dengan intensitas tinggi terjadi banjir,” ujar Ridwan saat dihubungi, Kamis (10/10/2019).

Menurut Ridwan, meskipun rawan banjir, tidak berarti seluruh RT di dalam 86 RW itu tergenang air seluruhnya. Seperti diketahui bahwa lokasi tersebut dianggap rawan karena selalu terkena banjir sejak 2013 sampai 2016.

“Jadi 86 RW itu bukan seluruhnya. Jadi bisa aja satu RW itu satu titik atau dua titik. Indikator kriteria kita untuk mengukur itu basisnya RW. Bukan berati satu RW itu tenggelam semua,” jelasnya.

Ridwan mengatakan bahwa lokasi yang sering banjir tepat di kawasan bantaran kali. Di antaranya kali Ciliwung, Cideng, Sunter, Pesanggerahan, Sunter, Grogol dan Angke. (NRY-harianindo.com)