Kiev – Ukraina dijadwalkan akan menjamu Portugal dalam pekan ke-8 Kualifikasi Euro 2020. Berdasarkan rencana, pertandingan akan diselenggarakan pada Selasa (15/10/2019) pukul 01.45 WIB di Stadion NSC Olympiyskiy.

Berdasarkan tabel klasemen sementara Grup B, tuan rumah berada di posisi puncak. Ukraina kini telah mengantongi 16 poin. Sementara itu, Portugal menempel di bawah Ukraina. Berada di peringkat kedua, Portugal memiliki raihan 11 poin.

Kedua tim bakal bertarung secara ngotot. Pasalnya, baik Ukraina maupun Portugal sama-sama belum pernah merasakan kekalahan.

Berkat polesan sang legenda, tim asuhan Andriy Shevchenko selalu konsisten menang dalam lima pertandingan terakhir. Terakhir, Lituania menjadi korban gempuran Ukraina dengan hasil akhir 2-0.

Di lain pihak, Portugal harus bekerja ekstra keras demi membalik keadaan. Portugal pernah bertemu dengan Ukraina sebelumnya dalam laga pembuka fase kualifikasi. Pada saat itu, Portugal ditahan imbang oleh Ukraina di kandang sendiri tanpa gol.

Sementara itu, dari lima pertandingan yang telah dilakoni Portugal, mereka berhasil menang di tiga pertandingan terakhir. Portugal memang mengawali dua laga pertamanya dengan hasil imbang. Terakhir, Portugal baru saja mengalahkan Luksemburg dengan skor 3-0.

Dalam laga lusa dini hari, jelas Ukraina bakal bermain aman demi menjamin tiket lolos ke Euro 2020. Sementara itu, Portugal kemungkinan besar bakal mengandalkan Christiano Ronaldo, Joao Felix, dan Bernardo Silva demi menutup kesenjangan poin dengan Ukraina. (Elhas-www.harianindo.com)