Jakarta – Kabar mengenai susunan kabinet baru Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah menemui titik terang. Disebutkan bahwa nama-nama menteri baru akan diumumkan pada Senin (21/10/2019) pagi esok.

Nantinya, Presiden Jokowi sendiri yang akan menyampaikan pengumuman tersebut. Jokowi telah menegaskan bahwa dirinya telah merampungkan susunan kabinetnya.

“Sudah rampung. Sudah selesai. Nanti, besok pagi. Nanti saya kenalkan besok pagi,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Baca Juga: PDIP Diprediksi Masih Dapat Jatah Kursi Mendagri

Namun, Jokowi tidak membeberkan lebih rinci terkait daftar anggota kabinetnya. Selain menegaskan bahwa pengumuman akan disampaikan besok, Jokowi juga menyebut komposisi menteri dari partai sekitar 16 orang.

“Ya kurang lebih (16 orang menteri dari partai). Saya belum hitung. Ya kurang lebih,” terang Jokowi

Dari daftar tersebut, sejumlah menteri lama ada yang masih dipertahankan. Akan tetapi, secara perbandingan menteri baru jauh lebih banyak.

Setelah menteri-menteri baru diperkenalkan pada besok, agenda kenegaraan berikutnya adalah menghadiri penobatan Kaisar Jepang. Untuk itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang akan bertolak ke Negeri Sakura tersebut.

“(menteri) Dikenalkan dulu. Ya, Kemudian dilantik. Kalau sudah dikenalkan, ya, pasti dilantik,” kata Jokowi. (Elhas-www.harianindo.com)