Jakarta – Tingginya minat pada PlayStation 5 atau PS5 membuat stoknya menipis dan para gamer banyak yang sulit untuk mendapatkannya. Hal itu langsung dimanfaatkan oleh calo, misalnya di China.

Terpantau di Negeri Tirai Bambu itu, sudah ada calo yang menerima pesanan dengan harga di kisaran USD 1.500 atau 3 kali lipat harga sebenarnya. Calo memanfaatkan tingginya minat di selain belum ada kejelasan kapan PS5 dijual secara resmi di China.

China tidak termasuk dalam negara penjualan pertama PS5 di 12 November ini dan juga 19 November mendatang saat PS5 menyambangi lebih banyak wilayah. Itu karena regulasi pasar game di sana sangat ketat.

Bahkan dikutip dari South China Morning Post, di toko online, ada yang membandrol harga PS5 di USD 1.900 atau lebih dari Rp 20 juta. Di negara yang sudah resmi memasarkannya, PS5 pun makin langka dipasaran.

“Kami memperkirakan permintaan untuk konsol game baru ini akan melampaui suplainya sampai setidaknya akhir Maret 2021,” cetus Piers Harding Rolls, analis di Ampere Analysis.

Kejadian serupa muncul di Jepang di mana sudah habisnya stok PS5 membuat ada yang berani menjual hampir dua kali lipat dari harga sebenarnya. Di Australia, semua retail melaporkan kelangkaan stok dan website mereka jadi sulit diakses karena peminat PS5 yang tinggi.

Malah, salah satu retail PS5 menyebut barang baru ada pada bulan April tahun depan jika memesan sekarang. “Kami sudah kehabisan sampai 5 kali pengiriman berikutnya. Jadi jika Anda pesan sekarang, pengantaran barang baru di April tahun depan,” sebut salah seorang sales.

Jim Ryan selaku CEO Sony Interactive Entertainment berharap gamer bersabar. “Kami membuat PS5 dalam kondisi sulit saat ini dibanding PS4. Jika orang tidak dapat membelinya saat peluncuran, kami minta maaf tentang itu,” kata Jim yang mengaku terkesan dengan tingginya pre order PS5.

Ia berjanji Sony akan berusaha keras menyediakan lebih banyak stok PS5. Peminat di Indonesia sendiri harus menunggu lebih lama. Sony memastikan PlayStation 5 (PS5) di Indonesia meluncur pada 22 Januari 2021 mendatang. Harga PS5 pun sudah diungkap.

Di negara ini, Sony menyebut akan menjual PS5 Digital Edition dengan harga Rp 7,3 juta dan PS5 versi Blue ray dengan harga Rp 8,7 juta. Pemesanannya sendiri akan dibuka sejak 18 Desember 2020, namun waktunya akan tergantung tempat pemesanannya, online ataupun offline. (Edy – harianindo)