UN SMP

UN SMP

Bogor – Belum selesai perkara mengenai Ujian Nasional SMA, kini terjadi lagi kejadian serupa yakni pada Ujian Nasional tingkat SMP. Saking ruwetnya masalah yang terjadi, kali ini Ujian Nasional di Kabupaten Bogor terpaksa harus mundur lantaran masalah yang sama dengan yang terjadi pada Ujian Nasional tingkat SMA. Jadwal ujian yang seharusnya dimulai pada pukul 07.00 WIB, akhirnya terpaksa mundur menjadi pukul 10.00 WIB.

Kemunduran jadwal ujian tersebut terjadi lantaran terdapat beberapa sekolah di wilayah Kabupaten Bogor yang masih belum mendapatkan naskah ujian. Hal ini tentu saja sangat mengecewakan banyak pihak lantaran sebelumnya pada Ujian Nasional tingkat SMA, hal serupa juga terjadi. “Ujian Nasional yang seharusnya mulai pukul 07.30 WIB terpaksa ditunda jadi pukul 10.00 WIB. Penundaan ujian nasional ini untuk mata bahasa indonesia,” tutur Ganjar yang menjadi pengawas ujian di MTs Negeri Cibinong, Senin (22/4/2013).

Peristiwa ini terjadi lantaran naskah ujian yang ternyata terlambat dicetak. Bahkan, hingga pukul 04.00 WIB, naskah ujian baru saja sampai di Kabupaten Bogor. Hal tersebut lantaran pihak Dinas Pendidikan yang harus melakukan pengambilan sendiri ke tempat percetakan yang terdapat di daerah Tangerang, Banten. Tentu saja hal ini sangat merugikan banyak pihak, terutama para peserta Ujian Nasional yang sudah mempersiapkan diri dari jauh – jauh hari untuk menyongsong Ujian Nasional yang menentukan masa depan mereka ini. Sampai berita ini diturunkan, masih belum ada tanggapan resmi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)