Pameran Batik

Pameran Batik

Jakarta – Bertempat di Kantor Kementrian Perindustrian Jl Gatot Soebroto Jakarta Pusat diselenggarakan Pameran Batik Mark Batik Berkualitas. Memang acara yang diselenggarakan di Kemenperin ini bersifat tahunan dan kerjasama antara Yayasan Batik Indonesia, dan Balai Besar Kerajinan Batik Yogyakarta.

Batik Mark merupakan sebuah legalitas dari keaslian batik Indonesia yang membedakan dengan banyak produk yang ada di pasaran. Tercatat sudah ada sekitar 106 industri batik dibawah naungan Batik Mark. Dalam pameran batik ini dihadiri sekitar 44 perajin batik yang berasal dari Sabang hingga Merauke, karena Indonesia memiliki banyak ragam batik dan menambah khasanah budaya Indonesia, tutur Euis Saedah sebagai Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kemenperin.

Dalam sambutannya  di acara Pembukaan Pameran Batik Mark Batik Berkualitas di Plasa Industri, di Kantor Kementerian Perindustrian (23/4/2013), Euis mengatakan bahwa Pameran perajin Batik ini merupakan wadah binaan dari Yayasan Batik Indonesia yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta dan juga Papua.

Tidak hanya memamerkan batik saja, dalam pameran tersebut juga tersedia beragam baju batik, kain batik dan juga produk-produk lain yang bercirikan batik. Dimeriahkan dengan fashion show batik, seminar dan juga demo membatik.

Pameran Batik Mark Batik Berkualitas ini akan berlangsung selama empat hari berturut-turut dari tanggal 23 sampai dengan 26 April 2013 pukul 10.00 – 15.00. Pada dasarnya Pameran Batik Mark ini merupakan serangkaian kegiatan Gelar Batik Nusantara yang di gelar di JCC pada tanggal 17-21 Juli 2013.

Gelaran pameran batik selama 4 hari yang dibuka oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat ini pun merupakan salah satu rangkaian dari gelaran Acara Gelar Batik Nusantara yang akan diselenggarakan pada tanggal 17-21 Juli 2013 di Jakarta Convention Center. (Rani Soraya – www.harianindo.com)