Jet J-15 di kapal Liaoning

Jet J-15 di kapal Liaoning

Beijing – Salah satu pejabat penting dalam dunia militer negeri Tirai Bambu China menyatakan bahwa dalam waktu dekat ini, negaranya tersebut akan mulai membangun kekuatan laut dengan melakukan pembuatan beberapa buah kapal induk yang memiliki ukuran lebih besar dari kapal induk milik mereka saat ini.

“Kapal induk selanjutnya lebih besar dari kapal-kapal sebelumnya, dan sanggup membawa lebih banyak pesawat tempur,” kata Wakil Kepala Staf Militer China Song Xue pada harian berita lokal Xinhua, pada hari Rabu (24/4/2013).

Selama ini, armada laut China hanya diperkuat oleh satu kapal induk yang memiliki nama Liaoning. Liaoning sendiri merupakan sebuah kapal induk buatan Rusia yang kemudian secara resmi menjadi milik China sejak 25 September tahun lalu. Namun, Song mengungkapkan bahwa kapal induk tersebut bukanlah kekuatan tiga armada Angkatan Laut Cina. Akan tetapi, kapal induk tersebut saat ini menjadi bagian dari markas militer Angkatan Laut.

Liaoning merupakan sebuah kapal induk yang memiliki kapasitas untuk mengangkut sekitar tiga puluh pesawat terbang. Akan tetapi, hingga kini Liaoning masih belum bisa beroperasi secara maksimal lantaran pihak China masih melakukan pembangunan dan rekonstruksi kembali.

Dengan kenyataan bahwa kapal induk baru Cina akan lebih besar dari Liaoning, maka tentu kapal induk baru tersebut akan mampu membawa lebih dari tiga puluh pesawat terbang. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)