Smartphone

Smartphone

California – Semakin berkembangnya teknologi saat ini, membuat para konsumen menginginkan sebuah ponsel yang memiliki fitur layaknya komputer. Oleh karena itu, untuk mengikuti keinginan pasar, beberapa produsen telekomunikasi mulai berlomba-lomba memproduksi smartphone. Alhasil, saat ini pertumbuhan smartphone jauh diluar dugaan.

Bahkan, International Data Corporation (IDC), sebuah perusahaan riset tertarik meneliti seberapa besar perkembangan smartphone saat ini. Hasilnya sungguh fantastis, dimana berdasarkan data yang dilansir oleh IDC bahwa saat ini permintaan pengiriman smartphone berhasil melebihi feature phone.

Seperti yang dilansir dalam  Neowin, Minggu (28/4/2013), berdasarkan data yang telah dikumpulkan oleh IDC, untuk kuartal pertama smartphone telah dikirimkan sebanyak 216,2 juta unit dan melebihi sekitar 50 persen pengiriman ponsel.

Untuk saat ini, vendor yang paling unggul memimpin pasar adalah Samsung, lalu disusul oleh Nokia, Apple, LG, dan ZTE. Kevin Restivo, selaku analis senior Worldwide Quarterly Mobile Phone IDC mengungkapkan bahwa untuk saat ini, rata-rata para pengguna ponsel menginginkan perangkat tersebut memiliki fungsi layaknya komputer kecil yang muat di kantong. Alhasil, keutamaan ponsel tidak hanya telepon saja, karena komunikasi data juga memiliki peranan yang penting saat ini.

Selain itu, saat ini banyak sekali bermunculan produsen smartphone terkemuka dari China yang berhasil menggusur keberadaan feature phone. Ramon Llamas, Menejer Riset tim Mobile Phone IDC mengungkapkan bahwa memang jika melihat setahun lalu vendor seperti Nokia, RIM, dan HTC menempati posisi teratas. Namun, saat ini Huawei, ZTE, Coolpad, dan Lenovo sudah mulai membidik pasar smartphone juga. (Choirul Anam – www.harianindo.com)