Nissan Leaf

Nissan Leaf

Amerika Serikat – Nissan sedang gencar-gencarnya mempromosikan produk mobil listrik mereka yang bernama Leaf. Menurut catatan penjualan pada bulan Maret lalu, angka penjualan produk ini sudah mencapai 2.200 unit mobil. Hal ini merupakan pencapaian yang sangat tinggi, oleh karena itulah maka Nissan telah berupaya untuk menambah infrastruktur pengisian baterai di seluruh penjuru AS sebagai sarana pendukung.

Nissan telah menyiapkan 27 titik pengisian baterai di daerah California, Seattle, Portland, Atlanta dan Washington DC, pengisian baterai ini nantinya bisa dilakukan kurang dari 30 menit dan merupakan pengisian tercepat.

Penjualan di beberapa dealer yang ada di California sudah bisa mencapai 100 unit mobil perbulan, sedangkan untuk di San Fransisco menjadi daerah penjualan terbesar kedua dibawah Altima, ini menunjukkan bahwa Nissan Leaf sangat diminati oleh konsumen.

Dikutip dari Automotive News pada Selasa (30/4/2013), Brendan Jones yang sekarang ditunjuk menjadi penanggung jawab proyek penambahan infrastruktur telah ditarget untuk menambah 600 titik pengisian baterai yang memiliki tegangan 400-600 volt, dengan tegangan ini termasuk dalam kategori level 3 dengan status pengisian cepat, target lainnya ada juga 22.000 pengisian level 2 dengan tegangan 220 volt untuk daerah perkantoran dan lokasi publik.

Informasi yang kami dapatkan untuk harga alat infrastruktur pengisian baterai cepat biayanya mencapai 18.000 dollar AS atau setara dengan Rp. 149 juta, untuk pengisiannya kurang dari 30 menit, sedangkan untuk alat pengisian yang biasa di pasang di rumah dengan harga 2.500 dollar AS setara dengan Rp. 24.2 juta dengan pengisisan kurang lebih sekitar 6 jam. (Rini Masriyah – HarianIndo.Com)