Serangan Bom Syria

Serangan Bom Syria

Damaskus – Perdana Menteri Syria, Wael al-Halki, diberitakan selamat dalam sebuah serangan bom yang dilakukan terhadap rombongannya ketika melakukan konvoi di Damaskus, Senin waktu setempat. Dalam waktu yang bersamaan, para pemberontak juga melakukan serangan di jantung ibukota Syria. Pihak perlindungan Hak Asasi Manusia Syria mengungkapkan bahwa akibat serangan bom tersebut, enam orang ditemukan tewas, Reuters, Senin (29/4/2013).

Kejadian yang terjadi pada Senin (29/4/2013) pagi waktu setempat di distrik Mezze tersebut kontan membuat warga sekitar terkejut. Asap hitam membumbung ke angkasa dan tak lama kemudian, terlihat petugas pemadam kebakaran memadamkan api pada mobil yang ditumpangi oleh Wael al-Haki. Saluran televisi lokal, sejenak setelah kejadian tersebut mengungkapkan bahwa Wael al-Halki tidak mengalami luka dan berada dalam kondisi yang sangat baik.

Sebelumnya, pada bulan Desember lalu terjadi sebuah serangan serupa yang menyebabkan salah seorang menteri rezim Bashar Al-Assad mengalami luka. Seperti yang kita ketahui, Wael al-Halki merupakan Perdana Menteri Syria yang ditunjuk untuk menggantikan posisi dari Riyadh Hijab pada bulan Agustus tahun lalu. Pergantian tersebut dilakukan setelah Riyadh Hijab mundur dengan melarikan diri menuju Jordania seminggu setelah sebuah serangan bom yang mengakibatkan empat orang pengawal pribadi Assad meninggal dunia.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB yakni Ban Ki Moon mengungkapkan bahwa serangan bom tersebut merupakan sebuah tindakan terorisme. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)