Aksi Buruh

Aksi Buruh

Jakarta – Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei ini, memang seperti pada tahun-tahun sebelumnya para buruh akan menuju ke DPR untuk melakukan aksinya. Hari ini ada sekitar ratusan buruh menuju Gedung DPR RI untuk melakukan aksi unjuk rasa, agar anggota Dewan berbesar hati mencabut UU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan alih daya.

Terlihat disekitar gedung DPR di Senayan tampak berbagai rombongan buruh datang dari berbagai penjuru. Dengan memakai baju seragam berwarna biru dan merah, mereka adalah Serikat Buruh Jabotabek Perjuangan (SBJP) yang ingin mengungkapkan aspirasinya kepada anggota Dewan.

Dalam aksinya mereka banyak membawa spanduk, bahkan ada pula yang membawa kertas karton dengan bertuliskan CABUT UU BPJS, HAPUS OUTSOURCING. Asma (35), seorang koordinator aksi ketika ditemui harianindo, Rabu (1/5/2013) mengungkapkan bahwa mereka menginginkan DPR bisa mencabut UU BPJS dan Outsourcing.

Selain itu dalam aksinya mereka juga menolak adanya kenaikan harga BBM yang diperkirakan akan naik pada tahun ini. Asma juga menambahkan bahwa sebagai salah satu buruh sepatu yang berada di CIkupa, sistem outsourcing ini sangat membuat buruh diabaikan hak-haknya.

Dalam aksinya kali ini, mereka tidak akan berlama-lama di gedung DPR. Karena direncanakan para buruh akan menuju ke Mahkamah Konstitusi untuk melakukan hal yang sama. (Rani Soraya – www.harianindo.com)