Hatta Rajasa

Hatta Rajasa

Jakarta – Kesiapan jelang Pemilu 2014 memang saat ini sudah menjadi kewajiban bagi parpol peserta Pemilu. Bahkan dari daftar caleg yang telah dikirimkan ke KPU menjadi tolak ukur dari masing-masing parpol. Dari hasil verifikasi KPU menunjukkan bahwa, PAN menjadi parpol yang paling siap menuju Pemilu 2014, hal ini dikarenakan hasil verifikasi calegnya banyak yang memenuhi syarat.

Dalam siaran persnya, Rabu (7/5/2013), Azis Subekti selaku Wakil Sekretaris Jendral Partai Amanat Nasional (PAN) mengungkapkan bahwa dengan hasil verifikasi dari KPU tersebut menunjukkan bahwa PAN sangat tertib administrasi dan dipimpin oleh orang-orang yang kompeten dibidangnya masing-masing.

Dari hasil verifikasi awal yang dilakukan oleh KPU terkait dengan Daftar Caleg Sementara (DCS), ada sebanyak 4.701 bakal calon anggota DPR yang tidak lolos verifikasi. Bahkan dari Partai PKS, PPP dan PKPI hampir seluruh bakal calon legislatifnya tidak lolos verifikasi.

Subekti menegaskan bahwa PAN memang sangat disiplin akan semua persyaratan dari KPU. Bahkan sebelum diserahkan partai besutan Hatta Rajasa ini meminta seluruh jajarannya untuk melakukan double check terhadap bakal calon legislatifnya.

Hal yang senada juga dituturkan oleh Tjatur Sapto Edy, Ketua DPP PAN, ia melihat bahwa dengan hasil verifikasi awal DCS tersebut merupakan sebuah langkah awal yang positif. Dari hasil pengumuman oleh KPU, dimana dari 6.577 caleg yang terdaftar, ada sekitar 4.701 caleg yang tidak memenuhi persyaratan. Hal ini juga menunjukkan bahwa kesiapan parpol jelang Pemilu 2014 masih diragukan. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)