Anggota Dewan

Anggota Dewan

Jakarta – Pemilu 2014 memang masih lama dijelang, namun kesiapannya telah dipersiapkan partai politik peserta Pemilu 2014. Terlebih lagi KPU telah mendaftar beberapa caleg dari parpol yang akan ikut dalam Pemilu 2014 nanti. Bagi para anggota dewan yang ingin mencalonkan diri lagi, maka transparansi atas kinerja anggota dewan hendaknya diumumkan ke publik.

Oleh karena itu diharapkan Badan Kehormatan (BK) DPR, dapat memberikan tranparasi kepada masyarakat akan kinerja anggota dewan selama ini. Pada saat ditemui harianindo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (14/5/2013), Marzuki Ali, Ketua DPR mengungkapkan bahwa BK diharapkan dapat berani mengungkapkan data absensi anggota dewan baik itu kesehariannya ataupun kehadirannya dalam rapat paripurna ataupun sidang komisi.

Kewenangan BK untuk dapat menindak para anggota dewan yang sering tidak disiplin dalam menjalankan tugasnya. Namun selama ini BK tidak dapat menindak secara tegas para anggota dewan yang sering bolos, tutur Marzuki.

Namun diharapkan nantinya ada badan yang independen untuk menindak para anggota dewan yang mangkir dari tugasnya. Karena selama ini mungkin BK yang banyak diisi oleh para wakil dari partai, sehingga penegakan kedisiplinan masih kurang jelas. (Rani Soraya -www.harianindo.com)