PM Jepang Shinzo Abe

PM Jepang Shinzo Abe

Tokyo – Pada Senin dini hari kemarin, Jepang mendeteksi adanya kapal selam yang mendekati Okinawa. Namun sampai saat ini Jepang belum mengkonfirmasi siapakah yang berusaha untuk memasuki perairan Negeri Sakura tersebut.

Namun Shinzo Abe, selaku Perdana Menteri Jepang telah menghimbau bahwa siapapun yang berusaha memasuki wilayah perairannya, Jepang tidak akan segan-segan untuk menyerang kapal selam tersebut. Hal ini terkait adanya laporan dari Kementrian Pertahanan Jepang yang mengkonfirmasi adanya kapal selam asing yang memasuki Pulau Okinawa.

Seperti yang dilansir dalam AFP, Rabu (15/5/2013), ketika berada di Parlemen, Shinzo Abe mengungkapkan bahwa jika ada kepal asing yang memasuki keamanan maritim Jepang, maka kami tidak segan untuk melakukan tindakan yang serius.

Namun aksi apa yang dilakukan oleh pemerintah Jepang tidak dipertegas oleh Abe. Namun yang pasti nampaknya Pasukan Bela Diri Jepang sudah bersiap untuk melakukan perlawanan pertahanan. Karena sebenarnya dalam hukum internasional, kapal selam yang melintasi perairan Negara tertentu harus berlayar diatas permukaan dengan bendera Negara sebagai cirinya.

Memang langkah waspada yang dilakukan Jepang ini, karena sebelumnya ada tiga kapal selam China yang pernah berlayar di dekat pulau milik Jepang yang merupakan daerah persengketaan. Sehingga ketegangan antara kedua Negara ini meningkat pada akhir-akhir ini dikarenakan klaim atas pulau yang diakui oleh keduanya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)