Lenovo ThinkPad X230

Lenovo ThinkPad X230

Beijing – Dalam kurun waktu belakangan ini, ultrabook berhasil merebut pasar dari segmen ultrathin laptop. Walaupun laptop dengan teknologi Advanced Micro Devices APUs juga telah berhasil mencatatkan kesuksesan yang sama. Saat ini, Lenovo dikabarkan telah meluncurkan sebuah laptop generasi terbaru dengan nama ThinkPad X230, sebuah pengembangan dari X230 yang diluncurkan tahun lalu, Softpedia, Rabu (15/5/2013).

Apabila laptop pada umumnya menggunakan casing dari plastik atau alumunium, maka seri terbaru Lenovo kali ini dikabarkan akan menggunakan bahan serat karbon. Casing tersebut memungkinkan ThinkPad X230 menjadi sangat kokoh dan ringan. Tidak hanya itu saja, penggunaan serat karbon juga memungkinkan perangkat hardware memiliki suhu yang sedikit lebih dingin daripada biasanya.

Berbicara tentang hardware, ThinkPad X230 menggunakan Intel Core i4 sebagai prosesor dan memungkinkan perangkat ini untuk dibekali dengan DDR3 RAM dengan kapasitas maksimal 8 GB. Namun demikian, tentu saja ThinkPad X230 ini akan memiliki memori yang lebih kecil dari itu. Hal tersebut karena demi menyeimbangkan dengan harga dari ThinkPad X230 sendiri.

ThinkPad X230 akan dilurkan di China dengan harga 1.200 dolar AS. ThinkPad X230 ini akan hadir dengan layar sebesar 12 inci dan dengan kedalaman resolusi sebesar 1366 x 768 pixel. Tebal dari perangkat ini adalah 17.7 mm dan dengan berat sekitar 1.28 kg. Sebagai catatan, kapasitas hard disk sebesar 1 TB dan dilengkapi pula dengan webcam 720 pixel. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)