Toyota

Toyota

Tokyo – Sebagai perusahaan otomotif raksasa yang berasal dari negeri Sakura, Toyota kini telah memiliki saham yang diluar ekspektasi semua orang. Bahkan Toyota berhasil mendahului perusahaan asal Korea Selatan, Samsung Electronic. Dalam satu tahun terakhir ini, sahamnya telah melonjak menjadi dua kali lipat.

Berdasarkan kapitalitas pasar, Toyota menjadi perusahaan terbesar dan termahal untuk kawasan Asia. Bahkan pada pagi ini, dalam pembukaan perdagangan Toyota berhasil menembus angka 21,89 triliun yen atau setara dengan Rp 2.033 triliun.

Seperti yang dikutip dalam AFP, Kamis (16/5/2013), penjualannya dapat mengalahkan penjualan Samsung Electronic yang mencapai sebesar 20,26 triliun yen. Dalam perdagangan kemarin saja harga saham  Toyota telah ditutup pada level 6.440 yen.

Jika dirutut kebelakang, pada tahun lalu ditanggal yang sama, nilai saham Toyota hanya mencapai 3.165 yen. Dengan demikian, jika dibandingkan dengan hari ini maka sahamnya naik dua kali lipat. Walaupun memang dalam satu tahun ini kurvanya masih naik turun, namun saham Toyota secara umum mengalami penguatan.

Hal ini tidak lain dikarenakan pada akhir 2012 lalu, laba Toyota telah naik tiga kali lipat. Untuk Samsung sendiri pada 2011 lalu, memang berhasil menjadi pelopor di pasar. Bahkan Samsung berhasil menyaingi Apple, sebuah perusahaan raksasa elektronik yang berasal dari Amerika.  Namun kini Toyota dapat melampui Samsung. (Rani Soraya – www.harianindo.com)