Bashar Al Assad

Bashar Al Assad

Washington – Ketegangan di Suriah yang bergejolak beberapa waktu ini memang sangat memprihatikan. Bahkan untuk mengakhiri konflik yang ada di Suriah, Barack Obama Presiden AS dan Recep Tayyip Erdogan PM Turki menginginkan agar Bashar al-Assad Presiden Suriah untuk segera mengundurkan diri.

Sebelum duduk bersama untuk membahas konferensi internasional yang rencananya akan dihelat pada Juni nanti, kedua pemimpin itu telah melakukan pertemuan di Washington, AS. Dimana dalam pertemuan tersebut mereka ingin agar rezim Assad dan oposisi Suriah bisa duduk bersama dan mempertegas rezim Assad.

Memang tidak dapat dipungkiri konflik yang ada di Suriah memang sangat pelik. Seperti yang dilansir oleh kantor berita AFP, Jumat (17/5/2013), Obama mengungkapkan bahwa untuk saat ini memang Suriah mengalami konflik yang luar biasa. Bahkan belum ada cara khusus untuk mengatasi kericuhan di Negara tersebut.

Namun Obama dan Erdogan menyetujui jika Assad harus segera lengser dan kekuasaannya untuk sementara akan diambil alih oleh sebuah lembaga transisi. Karena memang inilah satu-satunya cara untuk menyelesaikan krisis yang ada di Suriah.

Bahkan Francois Hollande Presiden Prancis menanggapi pernyataan Obama tersebut dan mendukungnya. Bahkan langkah besar lainnya harus ditempuh seperti meminta agar pemerintah Rusia tidak memberikan dukungan terhadap Assad lagi.

Hollande juga menambahkan bahwa perbincangan dengan Rusia perlu dilakukan. Dimana konflik yang ada di Suriah tersebut harus segera diakhiri untuk kepentingan perdamaian. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)