Misil Korea Utara

Misil Korea Utara

Seoul – Tiga buah misil jarak dekat dilaporkan telah diluncurkan oleh pihak Korea Utara. Meskipun hal serupa bukanlah tindakan yang tidak jarang mereka lakukan, namun tentu saja hal tersebut membuat beberapa negara sekitar menaruh perhatian khusus terhadap kemungkinan perang nuklir yang bisa terjadi di wilayah semenanjung Korea. Apalagi, dalam beberapa waktu belakangan ini pihak Korea Utara telah mengeluarkan beberapa peringatan tentang kemungkinan terjadinya perang nuklir. Hal ini seperti dikutip dari Reuters, Minggu (19/5/2013).

“Korea Utara telah meluncurkan tiga buah misil jarak dekat dua kali pada pagi hari dan satu kali pada sore hari. Peluncuran tersebut mereka lakukan dari daerah pantai timur,” ujar salah satu juru bicara kementrian pertahanan Korea Selatan.

Akan tetapi, sumber tersebut enggan berspekulasi mengenai motif dari peluncuran misil itu. “Guna mencegah pernyataan yang bisa memancing provokasi, pihak kementrian akan tetap memonitor keadaan lebih lanjut,” ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan insiden tersebut pihak pemerintah Jepang menyatakan bahwa mereka telah mengetahui peluncuran misil Korea Utara. Menurut mereka, tiga misil yang diluncurkan tidak ada satupun yang mendarat di wilayah laut Jepang.

Seperti yang kita ketahui, tensi perselisihan pada daerah semenanjung Korea telah mengalami peningkatan mulai akhir bulan lalu. Pasalnya, pihak PBB telah menetapkan sanksi tegas terhadap Pyongyang mengenai uji nuklir ketiga mereka pada Februari lalu. (Choirul Anam – www.harianindo.com)