Instalasi nuklir Iran

Instalasi nuklir Iran

Teheran – Saat ini Iran disinyalir masih terus melakukan aktifitas untuk memproduksi nuklir, hal ini disampaikan oleh penyelidik nuklir internasional. Memang program pengembangan nuklir Iran belum melampaui batas, seperti yang diungkapkan oleh Israel.

Bahwa untuk saat ini Iran memang terus mengembangkan nuklirnya, seperti yang diungkapkan oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Bahkan mereka telah melakukan pemasangan sentrifugal generasi terbaru dengan jumlah yang lumayan banyak dan juga pengayaan terhadap uranium.

Dalam Associated Press, Kamis (23/5/2013), seorang pejabat senior Israel mengatakan bahwa memang Iran memiliki perlengkapan untuk pembuatan nuklir, namun masih membutuhkan waktu yang cukup lama.

Memang Barack Obama sendiri beberapa waktu lalu pernah mengungkapkan bahwa Iran memiliki potensi untuk memproduksi nuklir lebih cepat, karena mereka memiliki peralatan yang cukup canggih.

Terkait adanya laporan ini, pemerintah Obama tidak akan tinggal diam. Hal ini menindaklanjuti negosiasi atas pelucutan nuklir Iran. Sehingga nantinya tidak menimbulkan ancaman aksi militer atas tindakan Iran ini. Negosiasi ulang nampaknya akan segera dilakukan, seperti yang disampaikan oleh Wendy R. Sherman, selaku Wakil Menteri Luar Negeri AS. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)