Ilustrasi Intel Haswell

Ilustrasi Intel Haswell

California – Intel akhirnya resmi mengirimkan prosesor core generasi keempat yang diberi nama Haswell. Memang sebelumnya rumor generasi terbaru itu sama sekali tidak mendapatkan tanggapan. Namun pada akhirnya Intel telah mengapalkan chip quad core untuk laptop dan juga untuk desktop di tahap pertama.

Sedangkan chip Haswell sendiri akan dikirimkan sesudahnya termasuk didalamnya chip dual core yang rencananya akan digunakan untuk komputer desktop, laptop dan tablet. Dengan generasi keempatnya ini, Intel mengklaim bahwa Haswell dapat menghemat baterai sekitar 50 %.

Kelebihan lainnya adalah Haswell juga memiliki performa grafis yang mencapai tiga kali lipat dari prosesor Ivy Bridge. Kita ketahui bahwa prosesor Ivy Bridge ini baru diluncurkan Intel pada tahun lalu. Dengan munculnya Haswell ini maka diharapkan akan menjadi pemasukan terbesar bagi Intel, karena selama ini Intel memang nomer satu dalam kategori prosesor PC.

Namun sayangnya selama ini pasar PC kalah saing dengan hadirnya smartphone dan juga tablet yang akhir-akhir ini menguasai pasaran. Berdasarkan data dari riset IDS bahwa di tahun 2013 ini, diperkirakan pengapalan PC turun sekitar 7,8%. Oleh karena itu dengan adanya Haswell ini diharapkan Intel dapat mencoba meraih hati pasaran.

Seperti yang dilansir dalam ComputerWorld, Minggu (2/6/2013), bahwa prosesor Haswell ini nantinya akan digunkan untuk laptop dan juga tablet yang memiliki ukuran langsing dengan layar resolusi 3840 x 2160 pixel. Dengan performa yang handal dan juga memiliki baterai yang lebih awet. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)