Akibat gempa Taiwan

Akibat gempa Taiwan

Taipei – Sebuah gempa dengan kekuatan 6,5 SR dikabarkan telah melanda Taiwan pada hari ini. Gempa tersebut mengakibatkan beberapa kerusakan. Hal tersebut seperti yang telah diberitakan oleh Reuters, Minggu (2/6/2013).

Pusat Geologi Amerika Serikat menyatakan bahwa gempa tersebut melanda 24 mil dari tenggara kota T’ai Chung pada kedalaman sembilan mil dengan kekuatan 6,6 SR namun kemudian kekuatannya turun secara bertahap dan menjadi 6,5 SR.

Sementara itu, stasiun televisi local Taiwan mengungkapkan bahwa gempa yang terjadi tersebut disebabkan oleh sebuah ledakan gas pada daerah ditengah pulau, namun tidak terdapat penjelasan lebih rinci.

Hingga saat ini, tidak ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa akibat bencana alam tersebut. Getaran gempa tersebut juga dilaporkan terasa hingga Ibukota Taipei.

“Rumah saya tergoncang, namun tidak ada satupun barang yang jatuh,” ujar salah satu penduduk Taipei.

Sebuah gempa dengan kekuatan sebesar itu dapat menyebabkan beberapa kerusakan. Lokasi Pulau Taiwan berada pada daerah yang memiliki julukan “ring of fire” yang merupakan daerah dengan aktivitas seismik di Samudra Pasifik. (Choirul Anam – www.harianindo.com)