Xi Jinping, Presiden China

Xi Jinping, Presiden China

California – Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama dan Presiden China, Xi Jinping sepakat untuk menghimbau Korea Utara agar mereka mau melucuti persenjataan nuklirnya. Selain itu, Amerika dan China sepakat untuk menjadikan Korea Utara sebagai negara tanpa persenjataan nuklir. Hal ini seperti yang telah diberitakan oleh Reuters, Minggu (9/6/2013).

Seperti yang kita ketahui, tensi semenanjung Korea dalam beberapa waktu terakhir ini memanas seiring dengan ujicoba nuklir ketiga yang telah dilakukan oleh Korea Utara pada bulan Februari silam. Namun, dalam beberapa minggu terakhir ini tensi tersebut telah sedikit mereda ditandai dengan dimulainya kembali pembicaraan oleh kedua belah pihak Korea. Tentu saja, kesempatan ini tidak disia – siakan oleh Presiden Amerika Serikat dan China dengan melakukan himbauan pada pihak Korea Utara untuk melucuti persenjataan nuklir yang mereka miliki.

“Obama dan Xi Jinping telah sepakat agar Korea Utara melucuti persenjataan nuklir mereka. Tentunya, negara – negara lain juga akan menerima hal tersebut dan bekerja sama untuk melakukan upaya pelucutan senjata nuklir Korea Utara,” ujar Thomas Donilon, penasehat keamanan Obama.

Selain itu, penasihat China, Yang Jiechi dalam kesempatan yang berbeda juga mengungkapkan Xi Jinping menyatakan pada Obama bahwa dalam kasus Korea Utara, mereka berada dalam posisi dan tujuan yang sama. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)