Kerusuhan Turki

Kerusuhan Turki

Istanbul – Dua reporter dari CBC Kanada dilaporkan telah ditahan oleh pihak kepolisian Turki ketika mereka melakukan liputan terhadap protes di kota Istanbul pada hari Rabu, 12 Juni waktu setempat. Namun, tidak lama setelah penangkapan tersebut, keduanya dilepaskan kembali oleh pihak kepolisian.

Pihak CBC sendiri menyatakan bahwa mereka telah melakukan komunikasi dengan kedua reporter tersebut pasca penahanan yang mereka derita. Kedua reporter tersebut sebelumnya meliput demonstrasi yang berlangsung dengan sengit di Turki selama hampir dua minggu ini.

Menteri Luar Negeri Kanada, John Baird mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan hubungan telepon dengan pihak kedutaan Turki terkait dengan kejadian tersebut. Hal ini seperti yang telah dirilis oleh Reuters, Kamis (13/6/2013).

Demonstrasi yang terjadi di Turki tersebut dilakukan guna menentang pemerintahan Tayyip Erdogan yang terkesan otoriter. Sementara itu, pihak Erdogan membantah alasan tersebut dan mengungkapkan bahwa penyebab utama dari kerusuhan ini adalah pemberitaan berlebihan yang telah dilakukan oleh pihak media massa internasional. (Rani Soraya – www.harianindo.com)