Hassan Rouhani

Hassan Rouhani

Teheran – Pada Jumat (14/6/2013) rakyat Iran sedang memilih calon pemimpin, Pilpres yang sempat dilakukan perpanjangan durasi pemilihan karena membludaknya para warga Iran tersebut akhirnya dimenangkan oleh Hassan Rouhani, kemenangannya dengan perolehan suara yang melebihi 50 persen.

Dikutip dari Sky News, Minggu (16/6/2013), “Hassan Rouhani memenangi Pilpres Iran dengan total suara 18,6 juta, dengan perolehan jumlah suara tersebut Hassan menjadi presiden Iran untuk tahun ini unggul dengan 50,68 persen suara.”

Hassan Rouhani sekarang ini berumur 65 tahun, dan dia adalah lulusan Glasgow Caledonian University yang merupakan ulama moderat, memang selama masa pemilihan Hassan Rouhani merupakan kandidat kuat untuk menjadi presiden Iran karena mendapat dukungan dari Mohammad Khatami dan Akbar Hashemi Rafsanjani, serta dukungan dari rakyat Iran yang sangat menginginkan perubahan.

Kemenangan Hassan Rouhani berbanding terbalik dengan pencapaian yang diraih oleh pihak pihak konservatif, karena tidak ada satupun dari kandidat yang mengikuti pilpres Iran yang bisa memimpin perolehan suara.

Sebelum maju dalam pilpres Iran, Hassan Rouhani menjabat sebagai penasihat Ayatullah Ali Khamenei, dia juga bisa berbahasa Inggris, Arab serta Persia. (Choirul Anam – HarianIndo.Com)