Menperin MS Hidayat

Menperin MS Hidayat

Jakarta – APBNP terkait kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) memang sudah diputuskan dalam Sidang Paripurna DPR semalam. Namun berdasarkan penuturan Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat bahwa kenaikan atas harga BBM yang baru akan diumumkan sekitar tiga hari berselang setelah APBNP 2013 disahkan.

Bertempat di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (18/6/2013), seusai mengisi pidato di breakfast meeting dengan delegasi PM Papua Nugini, Hidayat mengungkapkan bahwa memang pada awalnya pemerintah berencana mengumumkannya setelah rapat paripurna selesai, namun kemungkinan baru akan diumukan tiga hari berselang.

Dirasa dengan adanya BLSM (Bantuan Langsung Sementara Masyarakat)sebagai wujud kompensasi atas kenaikan harga BBM sudah cukup baik. Walaupun memang pemberian bantuan kepada rakyat kecil tersbeut hanya bersifat sementara saja.

Nantinya setelah SBY mengumumkan maka BLSM dapat langsung cair dan sifatnya delivery. Dimana rencananya BLSM tersebut akan dibagikan ke sekitar 15 juta rakyat miskin. Bahkan rencananya pemerintah juga akan membantu dari segi pendidikan juga.

Diharapkan nantinya, jika harga BBM yang baru sudah keluar maka para pengguna kendaraan tidak seharusnya membeli premium saja, ada bahan bakar pertamax yang dapat digunakan bagi kendaraan-kendaraan mewah.

Ketika disinggung kepastian harga BBM, Hidayat hanya menuturkan bahwa memang saat ini proses masih terus berjalan dan banyak hal yang perlu dibicarakan. Sehingga ia juga tidak bisa menentukan kapan penetapan harga BBM baru mulai akan diumumkan. “Kita tunggu saja,” tutup Hidayat. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)