Tentara AS di Afghanistan

Tentara AS di Afghanistan

Washington – Terkait dengan perseteruan di Taliban, kini Amerika Serikat (AS) telah bersiap untuk mengadakan perundingan dengan Taliban. Bahkan rencananya, pertemuan tersebut akan dilaksanakan di Qatar dalam waktu dekat ini.

Seperti yang diketahui bahwa saat ini Taliban telah memiliki sebuah kantor perwakilan yang ada di Qatar. Dimana kantor perwakilan tersebut merupakan kantor perwakilan yang pertama kali dimiliki Taliban yang berada di luar negeri.

Seperti yang dikutip dari AFP, Rabu (19/6/2013), Zabiullah Mujahid seoarang juru bicara Taliban mengungkapkan bahwa memang sebenarnya pihak kami telah memiliki niatan untuk mengadakan dialog dengan Negara lain.

Memang rencana perundingan tersebut berkaitan dengan ditariknya pasukan NATO dari Afganistan. Tepatnya pada tanggal 18 Juni kemarin, pasukan NATO telah resmi mundur dari pertempuran yang ada di Afganistan.

Terkait hal tersebut, memang banyak pihak yang merasa pesimis apakah pasukan lokal Afghanistan mampu menggantikan posisi NATO. Karena pihak Afganistan sendiri dirasa terlalu lemah untuk dapat melawan serangan dari Taliban.

Untuk diketahui bahwa sejak tahun 2001 lalu, pasukan NATO telah membantu Afganistan. Dimana saat itu rezim Taliban telah menguasai Negara Asia Tengah tersebut dan berhasil digulingkan. Namun sampai saat ini militan Taliban masih sering menyerang Afganistan, walaupun NATO mengklaim telah melumupuhkan pasukan Taliban. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)