Korban serangan Sunni terhadap Syi'ah di Mesir

Korban serangan Sunni terhadap Syi’ah di Mesir

Kairo – Empat warga muslim Syi’ah Mesir dilaporkan tewas pada Minggu, 23 Juni 2013 waktu setempat dalam sebuah serangan yang dilakukan oleh kelompok muslim Sunni. Serangan itu sendiri, menurut salah satu sumber bertujuan untuk mencegah persebaran muslim Syi’ah dikawasan Mesir. Hal tersebut seperti yang telah dilansir oleh Reuters, Minggu (23/6/2013).

“Kejadian itu sendiri bermula ketika warga dari kota Zawiyat yang terletak di Provinsi Giza mengepung sebuah rumah dari seorang ulama Syi’ah. Pengepungan tersebut dilakukan setelah para warga mendengar tentang adanya acara perkumpulan di rumah ulama tersebut,” ungkap salah seorang saksi mata.

Para warga menyerang tamu acara tersebut dan melontarkan bom molotov ke rumah ulama itu sehingga rumah tersebut diselimuti api. Pihak harian lokal menyatakan bahwa terdapat empat pemeluk Syi’ah yang dibawa ke rumah sakit. Selang beberapa waktu kemudian, Kementrian Kesehatan menyatakan bahwa keempat korban tersebut telah tewas.

Sebelumnya, Presiden Mohamed Mursi menyerukan pada warga Mesir bahwa peperangan di Suriah merupakan panggilan jihad seperti yang telah diserukan pula oleh para pemuka agama Sunni. Kontan, pernyataan tersebut semakin memperuncing hubungan antara muslim Sunni dan Syi’ah di Mesir. (Rani Soraya – www.harianindo.com)