Barack Obama

Barack Obama

Johannesburg – Dalam kunjungannya ke Afrika Selatan, Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama pada akhirnya memiliki kesempatan untuk dapat bertemu langsung dengan keluarga Nelson Mandela. Seperti yang diketahui bahwa beberapa pekan ini memang kondisi Mandela sedang menurun.

Mengetahui hal tersebut, pada Sabtu waktu setempat Obama singgah untuk menghibur dan memberikan support kepada salah satu tokoh terbesar yang mencatatkan namanya didalam sejarah dunia.

Sosok Mandela memang sangat dikenal dunia sebagai pelopor dan simbol perjuangan dalam melawan ketidakadilan dan juga rasisme. Kondisi kesehatan Mandela(94), memang untuk saat ini fluktuatif, namun dua hari ini Mandela dikabarkan sudah mulai membaik kesehatannya.

Seperti yang dikutip dari Reuters, Minggu (30/6/2013), kunjungan Obama ke Afrika Selatan selama dua hari tersebut, banyak menuai protes yang berasal dari warga Afrika Selatan. Hal ini terkait adanya kebijakan luar negeri AS mengenai serangan drone.

Walaupun hanya bertemu dengan kerabat Mandela bertempat di Nelson Mandela Centre of Memory di Johannesburg, Obama menyampaikan dukungannya agar Mandela segera pulih. Bahkan dalam kunjungannya yang hanya berdurasi setengah jam tersebut, Obama juga berbicara dengan istri Mandela, Graca Machel melalui telepon.

Obama berpesan agar, Machel selalu mendampingi Mandela yang saat ini sedang berbaring lemah di rumah sakit. Machel pun menghaturkan ucapan terimakasih atas dukungan dan rasa empati yang diberikan kepada Mandela dan keluarganya. (Tita Yanuantari – www.harianaindo.com)