Marty Natalegawa

Marty Natalegawa

Jakarta – Espen Barth Eide yang merupakan Menlu Norwegia baru saja menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN yang berlangsung di Brunei Darussalam, nampaknya masih berlanjut. Hal ini nampak dari kunjungan yang dilakukan oleh Espen Barth Eide selaku Menteri Luar Negeri Norwegia yang terlihat berada di Jakarta pada hari ini.

Dimana kedatangan Eide yang menemui Menlu Marty Natalegawa ini sepertinya akan membahas mengenai kelanjutan hubungan bilateral antara Norwegia dengan Indonesia. Dalam jumpa pers-nya bertempat di kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu (3/7/2013), Marty mengungkapkan bahwa kedatangan Menlu Norwegia ini hanya untuk membahas hubungan bilateral Indonesia dan Norwegia yang sudah terjalin sejak dulu.

Rencananya dalam pertemuan tersebut, Joint Commission of Bilateral Cooperation akan ditandatangani oleh kedua Menlu. Tentunya hal ini diperlukan untuk mengukur intensitas kerja sama bilateral kedua Negara, sehingga kedepannya semoga kerja sama tersebut akan terus menguat dan terus membaik.

Eide menganggap bahwa Indonesia sebagai patner yang paling strategis, walaupun sebenarnya letak geografis kedua Negara cukup jauh. Kedua Negara akan menjalin kerjasama di bidang demokrasi dan HAM. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)