Ban Lewis Hamilton yang pecah dalam balapan

Ban Lewis Hamilton yang pecah dalam balapan

Nuerburg – Jelang GP Jerman, Asosiasi Pebalap Grand Prix F1 (GPDA) mengancam akan memboikot seri balapan tersebut. Hal ini disebabkan karena mereka tidak ingin adanya insiden seperti yang terjadi pada GP Inggris. Apabila hal tersebut kembali terjadi, pihak para pembalap ingin agar balapan segera dihentikan.

Bahkan pernyataan tegas tersebut diusulkan setelah adanya pertemuan GPDA yang bertempat di paddock Nuerburgring, pada Kamis (4/7/2013) malam. Seperti yang diketahui bahwa pada balapan di Silverstone, empat pembalap harus mengalami insiden pecah ban sehingga merisaukan para pembalap yang lainnya.

Oleh karena itu, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, akhirnya Pirelli membawa ban belakang dengan tipe yang berbeda untuk dibawa ke Nuerburgring. Dimana untuk bagian dalam ban terbuat dari serat Kevlar sintetis. Hal ini tentunya berbeda dengan besi baja yang pada umumnya digunakan.

Pirelli sendiri juga tidak ingin berharap insiden tersebut terjadi lagi, namun GPDA tida diam begitu saja. Seperti yang dilansir dari Autosport, Jumat (5/7/2013), GPDA mengungkapkan bahwa atas kejadian yang terjadi di Silverstone, para pembalap yang tergabung dalam Grand Prix Drivers’ AssociationI menyatakan keprihatinannya.

Namun pada dasarnya mereka juga percaya adanya perubahan yang dilakukan, agar insiden tidak terjadi lagi di GP Jerman. Jika nanti para akhirnya terjadi hal serupa, maka para pembalap telah sepakat akan mengundurkan diri dari balapan. Karena masalah ban sendiri sangat membahayakan jiwa dari para pembalap sendiri dan juga marshal, serta para penggemar. (Choirul Anam – www.harianindo.com)